Islamisasi Sains

Assalamu'alaykum Wr. Wb.

Apa yang terlintas dalam benak kamu, ketika kamu mendengar kata ISLAM? Apakah islam itu sebatas hanya sholat, tilawah dan puasa saja? Atau islam itu hanya belajar Al-Qur'an dan hadist saja? Oh tidaaakkkk... jangan salah kawan. Tahu gak, islam itu sempurna dan menyeluruh. Islam itu tidak hanya menganjurkan untuk belajar ilmu agama saja, tapi islam islam juga menganjurkan kita untuk mempelajari ilmu pengetahuan. Bayangkan kalo kita hanya belajar ilmu agama saja? So pasti kita akan sulit menjalani hidup ini. Begitu juga sebaliknya jika kita hanya tau soal ilmu pengetahuan maka kita akan menjadi buta, tidak punya tujuan dan tidak tahu harus melangkah kemana. Jangan salah, islam itu juga peduli sama perkembangan IPTEK. Jadi islam itu keren dan gak mau ketinggalan zaman dong !


Seperti ayat Qur'an yang pertama kali turun yakni QS. Al-'Alaq:1-5 Allah berfirman:

"Bacalah dengan menyebut nama Tuhan-mu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajarkan (manusia) dengan perantara kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya."

Nah, kawan... ternyata Al-Qur'an itu merupakan kitab yang menghimpun segala disiplin ilmu dan falsafah. Ilmu itu datangnya dari Allah sebagai tanda kemuliaan-Nya. Pengen tau buktinya? Berikut klasifikasi ilmu dan macam ilmu yang dibahasoleh Al-Qur'an, yang tentunya tidak hanya sekedar ilmu iadah saja!

a. Al-Qur'an dengan ilmu-ilmu eksak

  1. Ilmu kimia. Q.S. Al-Anbiya:30, menerangkan tentang bagaimana zat air sebagai bahan dasar hidup. Jadi nih, yang namanya belajar kimia itu gak hanya waktu kita duduk di bangku SMA saja, gak hanya belajar aksi dan reaksi saja. Tetapi ternyata di dalam Al-Qur'an pun dijelaskan
  2. Ilmu falak. Q.S. Az Zumar:5, menerangkan tentang pergantian siang dan malam
  3. Ilmu kebidanan. Q.S. Al-Hajj:5, menerangkan tentang proses kejadian manusia
  4. Ilmu kesehatan anak. Q.S. Al-Baqarah:233, menerangkan tentang penentuan lamanya seorang bayi menyusu dengan air susu ibunya (ASI)
  5. Ilmu bumi. Q.S. Al-Baqarah:164, menentukan tentang siklus air (terjadinya hujan, menumbuhkan tanaman, sungai, laut dan awan)
  6. Ilmu tumbuh-tumbuhan. Q.S. Al-Hijr:22, menerangkan tentang terjadinya penyerbukan antar tumbuhan
b. Al-Qur'an dengan ilmu sosial
  1. Ilmu politik. Q.S. An-Nisa:165, menerangkan tentang perintah kepada para pemimpin untuk menegakkan keadilan. Gak hanya Pancasila dan UUD saja kawan yang mengharuskan pemimpin itu bersikap adil, tetapi jauh sebelum itu Al-Qur'an sudah mengaturnya
  2. Ilmu keorganisasian. Q.S. Al-Hasyr:18, menerangkan tentang membuat suatu perencanaan (planning) kegiatan untuk masa yang akan datang
  3. Ilmu jiwa. Q.S. Al-Ma'rij:19-21, menerangkan tentang sifat psikologi manusia (keluh kesah dan kikir)
  4. Ilmu kebudayaan. Q.S. An-Nahl:103, menerangkan tentang bahasa Al-Qur'an adalah bahasa yang terang dan mudah untuk dipelajari. Pokoknya gak kalah deh sama bahasa-bahasa yang lain :D Q.S. Al-'Araf:137, menerangkan tentang kisah negeri-negeri yang diberkahi
Friends... You have to know

Kemunduran umat islam dalam pengembangan IPTEK

Kalau kita mau melihat, menelaah, dan berpikir ke masa silam, sebenarnya peranan umat islam dahulu begitu besar dalam pengembangan sains dan teknologi. Para ilmuan muslim lah yang merupakan pemrakarsa (pioneer) ilmu pengetahuan modern. Tapi lagi-lagi dunia barat telah mengambil alih dan mengembangkannya. Oleh karena itu kawan, sebagai calon intelektual muslim, janganlah lalai dan mengabaikan ajaran islam sementara ajaran islam sendiri sebenarnya menganjurkan untuk menguasai IPTEK.

Nah sobat, suatu kondisi yang paling memprihatinkan yang dialami umat islam seluruh dunia saat ini adalah ketertinggalan dalam permasalahan "IPTEK" dari dunia barat. Padahal, untuk kebutuhan di era canggih ini, kehadiran IPTEK dapat mempermudah dan membantu manusia dalam memahami tanda-tanda kekuasaan Allah. Akan tetapi, IPTEK yang dikembangkan oleh dunia barat tidak seluruhnya membawa rahmat, bahkan tidak sedikit yang menimbulkan bencana yang tidak terhindarkan, Terkadang tanpa kita sadari, kita telah menyerahkan diri pada peradaban yang dibangun di atas tonggak-tonggak materialistis, liberalisme, dan ideologi-ideologi yang tidak bisa dikompromikan dengan islam. Setuju gak sih? Perlu bukti? Hal ini terbukti dengan hilangnya nilai-nilai kamnusiaan, rontoknya sendi-sendi akhlak, rapuhnya mentalitas kaum terpelajar, dan sederetan krisis serta kasus yang dihasilkan oleh peradaban yang kurang mengenal nilai-nilai islam.

So, what we can do guys?

Sebagai umat islam, generasi pilihan, pantas gak sih kalo kita cuma diam dan pasrah? Tentu saja tidak! Ada beberapa alternatif dalam pemecahan masalah tersebut, baik dari segi internal maupun eksternal. Kedua faktor tersebut harus sedikit demi sedikit diperbaiki untuk mencari solusi. Nah, gimana caranya kawan?

a. Mengatasi faktor internal
  1. Jangan malas dan bosan mengkaji, memahami dan mengamalkan Al-Qur'an serta Sunnah sebagai pegangan hidup kita. Pokoknya tiada hari tanpa tilawah deh :D Kalo membaca saja malas, ogah-ogahan, gimana kita bisa paham apalagi mengamalkannya.
  2. Mencari ilmu pengetahuan (sains) dan teknologi, serta mengembangkannya. So jangan duduk manis di kos aja sob atau kayak jam bandul, kos-warteg-kampus melulu aktifitasnya. Ilmu itu harus dicari, tapi jangan coba-coba mencari ilmu hitam atau ilmu santet ya hehehe.
  3. Merenda kasih, jalin ukhuwah islamiyah! Jangan malah terpecah belah sesama umat.
  4. Saling ber-amar ma'ruf nahi mungkar yuk...
  5. Komitmen! Melaksanakan akhlak islami, pegang teguh nilai-nilainya dalam setiap ucapan dan perbuatan kita. Kalo kita suka plin-plan, gak punya komitmen, bisa-bisa gak dipercaya sama orang.
  6. Revolusi informasi, jangan ketinggalan hot news. Tetapi jangan gosip selebritis aja yang ditonton bos! Gosip IPTEK jauh lebih penting.
b. Mengatasi faktor eksternal
  1. Jangan mudah terpengaruh terhadap bangsa barat. Kita harus berupaya untuk menjinakkan musuh dengan cara-cara yang dibolehkan karena kita bukan penjahat guys hehehe
  2. Kita harus bangga terhadap agama islam dan menjadikannya acuan dalam menghadapi setiap persoalan hidup. Dijamin sobat pasti menemukan solusinya. Kalo kita gak bangga sama islam, gak cinta sama islam, gimana kita tahu apa yang harus dilakukan untuk islam, gimana kita mau berkorban untuk islam? Cinta itu kan bisa diartikan sebagai pengorbanan, kalo gak cinta gimana bisa berkorban?
  3. Setiap muslim harus menyiapkan dirinya untuk memikul kewajiban islam. So, muslim sejati itu harus punya jati diri dong. Bertubuh sehat, berakhlak mulia, berpikir intelek, beraqidah yang lurus, beribadah shahih, disiplin terhadap waktu, rapi dalam segala urusan dan bermanfaat bagi orang lain. Subhanallah... sulit amat yaahhh? Emmm, gak juga kok guys. Yang penting adalah NIAT dan MOTIVASI dari diri sendiri. Memang terkadang kebaikan itu harus dipaksakan.
So, HARI GINI GAPTEK...??? GAK BANGET LAH! BE A SMART MUSLIM GUYS!!!


Referensi: Buku Mentoring Undip

Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

6 comments

Negara kita sudah didoktrin dengan pelajaran dan minset barat. Padahal dulu jaman Sultan selalu mengajarkan tentang agama. Jadi memang dunia Barat telah menghancurkan peradaban kita.

Reply

Oleh karena itu kita harus melakukan pencegahan dari 2 sisi gan. Yang pertama memperkuat aqidah sebagai umat muslim sejati yang kedua merubah sistem yang pro islam agar barat tidak mudah masuk dan menghancurkan umat muslim.

Reply

Memang dengan curhat, segala unek2 dalam hati dapat tercurahkan, mantap nih blognya..
Izin share ya gan ..
Obat Bronkitis | Obat Osteosarcoma | Obat Meniere | Obat Rematik | Obat TBC | Obat Hepatitis | Obat Wasir | Obat Sakit Kepala | Obat Asam Urat | Obat Asma | Obat Jantung Koroner | Obat Leukemia | Obat Sinusitis | Obat Penyakit Akut
Jangan lupa kunjungannya.. Terimakasih.

Reply

Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat.

Reply

Ya memang islam dan ilmu pengetahuan itu sangat berkaitan

bermanpaat sekali gan

Reply

Ada saran buat blog ini gan supaya lebih maju? Atau mungkin kritikan yang membangun?

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back