Terdidik dan Terpelajar

Assalamua'alaykum Wr. Wb.


Mendidik adalah bukan mengajar. Kurang didik juga berbeda makna dengan kurang ajar. Mendidik adalah memproses orang menjadi baik, sedangkan mengajar adalah memproses orang menjadi pintar. Banyak orang baik, tetapi tidak pintar, dan juga sebaliknya. Banyak sekolah yang memilih kurikulumnya untuk mencetak siswa untuk menjadi orang pintar (terpelajar), tetapi lupa atau tidak sempat mencetak orang baik (terdidik). 


*****


Menantu yang diutamakan adalah orang pintar bukan orang baik. Pelamar pekerjaan yang dicari juga adalah orang pintar, bukan orang baik. Nilai indeks prestasi (IP) harus diatas tiga setengah. Tentu ini adalah syarat orang terpelajar, bukan orang terdidik. Orang yang baik, berakhlak mulia, tentu tidak dapat berperan jika IP-nya hanya sekedar tiga koma satu. Mungkin banyak orang yang mempercayai mahzab bahwa jika banyak orang yang berstatus terpelajar maka permasalahan masyarakat akan menjadi beres. Banyak institusi yang bangkrut, ratusan miliyar lenyap, atau puluhan triliun hilang, karena didalamnya banyak dihuni orang-orang terpelajar, tetapi tidak terdidik. Terdidik adalah syarat utama mengarungi kehidupan, sedangkan nomor 2 adalah menjadi orang terpelajar.


*****


Apakah sekolah kita atau mungkin sistem dirumah kita mengharapkan manusia-manusia yang terdidik? Mencetak manusia terdidik butuh proses yang panjang, sedangkan mencetak manusia terpelajar dapat memakai jalan pintas. Proses panjang butuh kesabaran sehingga banyak orang tidak menyukainya. Dapat membeli mobil, tentu dia sangat terpelajar, namun dari dalam mobilnya dia rajin membuang kulit pisang atau putung rokok ke jalan. Kita telah banyak panen hasil sekolah dengan orang-orang terpelajar, tetapi masih banyak yang kurang terdidik.

Semoga kita bisa menjadi orang-orang yang tidak hanya terpelajar tetapi juga terdidik.... :D


Wassalamua'laykum Wr. Wb.

3 comments

Setuju ane gan :D

Reply

Sepertinya saya sepakat gan :D Good Job.. mudah2an menjadi pembelajaran

Reply

Tp pendidik jaman sekarang lebih memilih "memintarkan" bukan mendidik murid-muridnya

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back

close