Pengalaman On The Job Training (OJT) Di PT. PLN Rayon Baubau Kota

Assalamu'alaykum Wr. Wb.


On The Job Training atau yang sering disebut dengan istilah OJT merupakan salah satu tahapan seseorang agar dapat diterima sebagai pegawai resmi PT. PLN (Persero) (di beberapa perusahaan lain mungkin sama). Seseorang yang sudah lulus tes penerimaan PT. PLN (Persero) wajib mengikuti serangkaian program yang selanjutnya dijuluki "SISWA" agar bisa resmi diterima sebagai pegawai. Sebelum melaksanakan tahapan OJT, mereka terlebih dahulu harus menyelesaikan beberapa tahapan yakni: Pembinaan Fisik dan Karakter (10 hari), Pengenalan Perusahaan (4 hari) dan Diklat Pembidangan (38 hari). Untuk program OJT itu sendiri harus selesai dalam kurun waktu 45 hari.

OJT merupakan salah satu tahapan program pembelajaran prajabatan yang harus diikuti oleh siswa prajabatan S2/S1/D3 sebelum direkomendasikan untuk diangkat menjadi pegawai PT. PLN (Persero). Dalam program OJT ini diharapkan siswa dapat terpenuhi kebutuhan kompetensi jabatannya khususnya ketrampilan dan sikap kerja sehingga siswa tersebut dapat memenuhi persyaratan kebutuhan kompetensi jabatan sesuai dengan proyeksi jabatan pertama di Perseroan.

Well, kebetulan sekali dan saya sangat bersyukur bisa melaksanakan tahapan OJT di PT. PLN Rayon Baubau Kota. Jujur pertama kali diumumkan penempatan OJT, saya kaget sekaligus sedih karena tempatnya sangatlah jauh. Untuk pertama kalinya saya terbang ke luar Jawa tepatnya di Kota Baubau, Pulau Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Bangga rasanya bisa merasakan pengalaman baru yang luar biasa tapi disisi lain juga sedih karena harus meninggalkan kedua orang tua dan orang-orang terdekat untuk sementara waktu. Sebagai seorang laki-laki, merantau merupakan cara yang paling efektif untuk membentuk mental yang kuat. Seperti prinsip saya ini...
Merantaulah, agar engkau mengerti alasan kenapa harus pulang, engkau akan mengerti siapa saja sesungguhnya yang kau rindukan dan merindukanmu. Merantaulah, engkau akan menghargai tiap detik waktu yang kamu lalui bersama ibu, bapak, kakak, adik, ketika kamu pulang ke rumah dan Merantaulah, agar engkau tahu betapa Mahalnya tiket pulang :"
45 hari itu sangat lama, menurut saya. Apalagi kalau kita tidak bisa menikmati tempat baru itu. Seminggu di kota Baubau, saya mulai beradaptasi dengan lingkungannya. Mulai dari kebiasaan warga, tempat-tempat strategis, kuliner khas sampai dengan tradisi yang ada di kota seribu benteng ini. Setelah cukup nyaman beraktifitas disini, saya mulai fokus dengan tujuan awal saya melaksanakan OJT. Pada tahap OJT ini, kita diwajibkan untuk menyelesaikan dua tugas besar yakni Project Assignment (PA) dan Science Technology Olympiad (STO). Untuk seseorang yang baru masuk di dunia kelistrikan PLN, 45 hari pasti tidaklah cukup untuk bisa menyelesaikan dua tugas besar tersebut. Tetapi disitulah tantangannya, kita sebagai siswa dituntut untuk bisa memanfaatkan waktu, potensi, atau apapun yang ada semaksimal mungkin untuk menyelesaikan PA dan STO.

HAL-HAL WAJIB YANG HARUS DIPAHAMI SISWA KETIKA OJT

Berikut beberapa hal yang harus siswa pahami ketika OJT agar dapat menyelesaikan tugas PA dan STO tepat waktu, antara lain :


1. Paham mengenai sistem kelistrikan 



Sistem kelistrikan merupakan hal wajib nomor satu yang harus siswa pahami agar dapat menganalisa kodisi sistem kelistrikan terkini di tempat OJT.

Kondisi sistem kelistrikan di PT. PLN Rayon Baubau Kota :
PT. PLN (Persero) Rayon Baubau Kota berlokasi di Jalan Jendral Sudirman No. 64 Kota Baubau Pulau Buton Provinsi Sulawesi Tenggara. PT. PLN (Persero) Rayon Baubau Kota berada di bawah kendali Area Baubau Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat (Sulselrabar). Rayon Baubau Kota memiliki 11 penyulang (feeder) yang disuplai dari 7 pembangkit. Semua jenis pembangkit yang menyuplai Rayon Baubau kota adalah Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) ditambah satu PLTU.

Penyulang (feeder) : Lipu, Lambale, Murhum, WD. Buri, Express 2, Rajawali, Pertamina, Bungi, Baruta, Pahlawan, Batauga.

Pembangkit : PLTU Baruta, PLTD Baubau, PLTD Molona, PLTD Ereke, PLTD Kadatua, PLTD Bonegunu dan PLTD Maligano

Kantor Pelayanan (KP) : KP Batauga, KP Ereke, KP Liabuku, KP Wakalambe, KP Watumotobe, KP Bonegunu, KP Kadatua, KP Molona, KP Maligano.


2. Paham mengenai masalah yang sedang dihadapi

Untuk menentukan judul PA maupun STO, kita harus mengetahui dan memahami masalah penting yang sedang dihadapi sebuah unit. Masalah tersebut biasanya berkaitan dengan KPI (Key Performance Indeks) atau bisa dibilang indikator kinerja sebuah unit. Di Rayon sendiri masalah yang sering dihadapi berupa susut, gangguan penyulang, SAIDI, SAIFI dan Rasio kerusakan trafo distribusi.

Masalah yang dihadapi PT. PLN Rayon Baubau Kota :
Pada tahun 2016, terdapat banyak gangguan yang terjadi pada PLN Rayon Baubau Kota. Gangguan-gangguan tersebut menyebabkan kinerja FGTM (Frekuensi Gangguan Tegangan Menengah) PLN Rayon Baubau Kota tidak tercapai. Faktor yang sangat berpengaruh terhadap kinerja FGTM ini adalah nilai gangguan setiap penyulangnya.

Salah satu kondisi yang sangat berpengaruh terhadap SAIDI & SAIFI adalah seringnya penyulang Batauga mengalami trip yang tembus sampai pangkal. Hal tersebut mengakibatkan daerah padam semakin luas. Dengan daerah padam yang luas akibat koordinasi proteksi yang kurang baik, maka jumlah pelanggan padam juga bertambah banyak sehingga nilai kinerja SAIDI & SAIFI tidak optimal. Selain itu juga akan mengalami kerugian atau kWh tidak terjual yang tinggi.



3. Pahami prosedur K3L saat bekerja di lapangan

Untuk dapat bekerja di lapangan, kita terlebih dahulu harus mengetahui prosedur atau langkah kerjanya. Misalkan dalam penggeantian isolator tumpu pada JTM, kita harus tahu peralatan apa saja yang dibutuhkan, koordinasi sistem, dan peralatan APDnya. Peralatan APD ini dimaksudkan agar kecelakaan kerja dapat diminimalisir mengingat kita bekerja pada jaringan yang suatu saat bisa bertegangan.


FYI, di PLN sendiri sudah sering terjadi kecelakan kerja karena pegawainya yang tidak mentaati prosedur dan K3Lnya. Bahkan dibeberapa kasus, korbannya adalah siswa yang masih dalam masa prajabatan/OJT. Oleh karena itu, standar operasional prosedur sangatlah penting saat melakukan pekerjaan. Sebagai pengawas lapangan, sudah seharusnya kita mengingatkan vendor-vendor yang terkadang tidak mentaati prosedur keselamatan kerja. So, keep safety ya teman. Safety! Safety! Safety! Yess...

Nah, setelah memahami tiga hal di atas inshaallah kita bisa menyelesaikan tugas PA dan STO serta melaksanakan OJT dengan baik dan benar. Sekedar informasi, judul PA saya adalah "PERBAIKAN KOORDINASI RELE PROTEKSI PENYULANG BATAUGA DALAM MENURUNKAN SAIDI SAIFI PLN RAYON BAUBAU KOTA" dan judul STOnya adalah "(PROVIS) PROTECTIVE DEVICE INVENTORY SYSTEM".

Alhamdulillah lulus tanpa revisi :) Satu tips lagi, selain berusaha jangan lupa berdoa dan yang terpenting minta doa kepada orang tua. Karena kita bukan apa-apa tanpa mereka.

Sekian dulu yaaa, semoga pengalaman saya yang sedikit ini bermanfaat untuk temen-temen semua...
Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

9 comments

Widihh,,
saya suka kata" Prinsipnya :D
Sukses selalu buat agan..

Reply

Makasih gan untuk pengalaman berharganya

Reply

Prinsipnya anak rantau. Apalagi pada kata-kata terakhirnya, paling prihatin kalau udah ngomongin tiket pulang :(((

Reply

Mantep nih menginspirasi banget buat anak Rantau hehe

Reply

Pengalaman memang ilmu yang paling berharga, semoga menjadi inspirasi dan motivasi gan, sukses selalu kedepannya, amiin

Reply

Nice info gan. Oiya, berapa lama masa studi nya gan?

Reply

Total kira-kira 6 bulan masa pendidikan lah gan sebelum resmi diangkat sebagai pegawai. Perjuangannya itu lho, gak ada duanya :( Sampai jungkir balik alias nomaden haha

Makasih udah mampir...

Reply

Mau tanya, kalo selesai masa 6 bulan itu apa ada waktu libur untuk pulang ke rumah?

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back