Tips Mencari Kos-kosan Sekitar ITS

Assalamu'alaykum Wr. Wb.

Tak terasa waktu begitu cepat berlalu. Rasanya baru kemarin saya menjadi mahasiswa baru dan merasakan suka-dukanya pengkaderan (ospek), tapi sekarang beban puncak sebagai seorang mahasiswa telah nampak di pelupuk mata.Yaap, apalagi kalau bukan TA alias tugas akhir :(. Hidup matinya seorang mahasiswa ya ditentukan oleh hal yang satu ini. 


Tapi pada postingan kali ini, saya tidak ingin membahas tentang suka dukanya menjadi mahasiswa ITS (kebetulan saya kuliah di ITS), melainkan sekedar berbagi pengalaman untuk adek-adek yang pengen kuliah di ITS. Sekarang saya sudah menginjak akhir semester 4 perkuliahan di D3 Teknik Elektro ITS kerjasama PLN. Harapanya setahun lagi bisa lulus tepat waktu dan langsung bisa ditempatkan di PLN seluruh Indonesia.

Nah, untuk adek-adek yang masih bingung mencari kos-kosan di sekitar ITS, saya punya beberapa pilihan yang bisa membuka pandangan kalian :

  1. Wilayah Gebang
    Gebang adalah satu pusat kos-kosan terbesar dekat ITS. Mungkin daerah ini yang paling dekat dengan pintu gerbang masuk utama, bunderan ITS. Harganya sekitar 500rb-an. Cocok untuk kelas ekonomi menengah ke bawah. Kelebihan gebang ini adalah banyaknya tempat print-printan, fotocopyan, warnet, toko elektronik. Jadi gak usah bingung ngerjain tugas, semua yang adek-adek butuhkan ada di sini. Tapi ada satu kekurangan yang sampai saat ini masih teringat di benak saya. Kata dosen saya, wilayah gebang ini kualitas listriknya kurang bagus, yang harusnya 220 volt mungkin bisa kurang dari itu.

  2. Wilayah Keputih
    Hampir sama dengan gebang, cuman bedanya kalo keputih itu surganya kuliner di ITS. Semua tempat makan tersebar di sepanjang wilayah keputih. Soal harga, keputih sedikit lebih mahal daripada Gebang. Tapi sebanding kok dengan kualitas hunianya hehehe. Rumahnya besar-besar, lingkunganya lumayan bersih, dan jalanya juga besar (bukan jalan tikus). Kebetulan saya sekarang juga ngekos di Keputih gang Makam blok D-16. Akses untuk pulang kampung bagi mahasiswa perantau juga sangat mudah. Mau ke Stasiun? Terminal? Bandara? Tinggal nunggu lane (angkot) sesuai dengan tujuanya masing-masing, kemudian berangkat deh. Gak pake ribet ! Di Keputih ini juga ada yang namanya SAKINAH, supermarketnya mahasiswa ITS. Semua kebutuhan adek-adek pasti ada di sini. Jadi jangan ngaku arek ITS kalau belum pernah ke SAKINAH hahaha.

  3. Wilayah Mulyosari dan sekitarnya
    Buat kalian yang kelebihan duit, saya rekomendasikan untuk tinggal di sini. Kenapa? Selain karena kompleks perumahanya bagus-bagus, Mulyosari ini juga dekat dengan Mall (Pakuwon City) dan wisata pantai Kenjeran. Di sini juga ada KFC, McD, PHD dan lain sebagainya. Kebanyakan yang kos/kontrak di sini adalah mahasiswa yang berduit. Karena memang rumahnya yang "Wah", harganya bisa mencapai kisaran 800rb-an bahkan lebih.

  4. Wilayah Klampis Ngasem
    Tempat kost ini agak jauh dengan ITS, di dekat Asrama Haji, dan biasanya yang kost di sini adalah mahasiswa ITATS, pekerja, dan mahasiswa dari Universitas lainnya. Harganya pun sangat terjangkau terkait dengan fasilitas yang diberikan. Namun untuk mahasiswa yang ingin mencari tempat kostan yang irit, yaaaa disini.
Bagaimana? Sudah ada gambaran kah tentang sebuah hunian yang nyaman tapi tetap sesuai dengan kebutuhan? Yuk, segera datangi satu per satu dan rasakan sensasinya :D

-Salam Arek ITS CAK-


Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

5 comments

Gan tau info kosan daerah situ yang kamarnya luas. Buat cowok. Ukuran 3x4 atau di atasnya. Harga miring. Gak nambah listrik lagi. Ga ada jam malam dan bebas.

Reply

lewat hp aja gan kalo mau tanya2, ini nomer saya 082242652299 :D

Reply

Emang yg paling murah cuman 500rb ya daerah Its

Reply

Kos kosan yang murah deket situ dong

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back