10 Karakter Pemuda Muslim Sejati

Assalamu'alaykum Wr. Wb.

Bismillahirrahmanirrahim….

“Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Rabb mereka, dan Kami tambahkan petunjuk kepada mereka.” (Q.S Al-Kahfi [18]: 13)


Kenapa harus pemuda?

Betapa hebatnya seorang pemuda. Dengan semangat dan rasa ingin mencobanya yang tinggi membuat seorang pemuda takkan pernah jera mengalami berbagai macam kegagalan sekalipun. Mungkin disaat ini, sosok pemuda tidaklah harus berperang melawan menjajah atau pun berontak dengan langsung angkat sejata ketika negara yang kita cintai dilecehkan.

Sebagai pengingat dari kita yang sudah sering mendengarnya atau bahkan hingga luar kepala (semoga tidak lupa). Sebagai seorang muslim/ah wa bil khusus pemuda hendaknya senantiasa berupaya membentuk kepribadian yang dimiliki agar sesuai dengan karakter ideal. Mengapa pemuda? Ditilik dari sejarah, merekalah komunitas pertama yang menyambut seruan dakwah Islam dengan baik dan tangan terbuka.

Rasulullah bersabda, ”Saya wasiatkan para pemuda kepadamu dengan baik, sebab mereka berhati halus. Ketika Allah mengutus diriku untuk menyampaikan agama yang bijaksana ini, maka kaum mudalah yang pertama-tama menyambutku, sedang kaum tua menentangnya.”

Karakter yang dimiliki hendaknya mengarah pada pencapaian pribadi muslim yang integral. Hasan Al-Bana dalam Risalah Taklim merumuskan profil pemuda muslim menjadi 10:

1. SALIMUL AQIDAH  (Aqidah yang lurus/ Good Faith)
Aqidah yang lurus/bersih ini harus ada di dalam diri seorang Muslim. Dengan aqidah yang lurus, maka seseorang akan memiliki ikatan yang kuat dengan Tuhannya. Ikatan ini akan membuat seorang muslim ikhlas dalam mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Ikatan ini pula yang menjaga kita tetap bersemangat dalam berlomba-lomba untuk mencapai keridhan-Nya. 

Indikator karakter ini : memahami ilmu tauhid, selalu mengingat Allah dan selalu merasa diawasi (muraqabah)  oleh-Nya, selalu meluruskan niat, menjaga diri dari kemusyrikan, memahami rukun Iman dan rukun Islam, dsb.

”Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku, hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam.” (QS. Al-An’am [6]: 162)

2. SHAHIHUL IBADAH (Ibadah yang benar/ Right Devotion)
Ibadah yang benar ini artinya setiap ibadah yang kita lakukan sesuai dengan Al-Quran dan As-Sunnah.

Indikatornya : melaksanakan shalat 5 waktu, melaksanakan shaum wajib dan shaum sunnah, mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya, melaksanakan shalat sunnah (dhuha, tahajud,dsb).

”Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, kecuali agar mereka beribadah kepadaku.” (Q.S Adz – Dzariyat [51] : 56)

3. MATINUL KHULUQ (Akhlak yang kuat/ Strong Character)
Akhlak yang mulia menggambarkan hubungan seorang manusia dengan Tuhannya maupun dengan sesama makhluk-Nya. Akhlak yang mulia mampu meyakinkan orang lain betapa indahnya Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin.

Contohnya : menebarkan senyum, salam, sapa; menepati janji; menjaga adab pergaulan Islami, selalu berprasangka baik (khusnudzon); menjaga hati dan menundukkan pandangan; menjadi pionir kebaikan; bersikap baik terhadap lingkungan; tidak takabur (sombong); menyayangi yang muda dan menghormati yang tua; berbakti pada orang tua (birrul walidain) dsb.

4. QOWIYYUL JISMI  (Jasad yang kuat/ Pyhsical Power)
Memiliki fisik yang kuat merupakan salah satu cara kita untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Dengan fisik yang kuat, akan semakin banyak hal kebaikan yang dapat kita lakukan.

Contohnya : rajin berolahraga rutin, tidak merokok, makan 4 sehat 5 sempurna, dsb.

“Mukmin yang kuat lebih aku cintai daripada mukmin yang lemah.” (HR. Muslim)

5. MUTSAQQOFUL FIKRI  (Wawasan yang luas/ Thinking Brilliantly)
Dengan pemikiran dan pengetahuan yang luas, kita dapat memberikan solusi dan pengambilan keputusan yang berdasarkan pada Al-Quran dan As-Sunnah sesuai dengan perkembangan zaman yang ada. Dengan hal ini pula kita dapat mengatur strategi yang cerdas untuk kemajuan Islam.

Contohnya : mengetahui dan memahami kisah Rasul dan para Sahabat, memahami urgensi dakwah dan urgensi tarbiyah, memahami pentingnya menuntut ilmu, memahami peran pemuda sebagai pilar Islam, memiliki visi dan strategi hidup serta perencanaannya selama 10 tahun ke depan, memahami pergerakan Islam; dsb.

6. MUJAHADATUN LINAFSIHI  (Berjuang melawan hawa nafsu/ Continence)
Pada dasarnya seorang manusia itu memiliki kecenderungan untuk berbuat baik ataupun buruk. Untuk itu diperlukan kesungguhan dalam diri seseorang agar ia cenderung untuk berbuat baik dan melaksanakannya sesuai ajaran Islam.

Contohnya : memenuhi konsumsi makanan yang halal dan thoyib; senantiasa berusaha untuk memperbaiki diri; tidak malas; pantang mengeluh; berupaya untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat; dsb.

7. HARITSUN ‘ALA WAQTIHI (Manajemen waktu/ Good Time Management)
Sifat waktu yang tidak dapat diperbarui, tidak dapat disimpan, dan tidak dapat diulang kembali membuat seorang muslim harus bisa menggunakan waktu setiap detiknya dengan hal-hal yang bermanfaat bagi dirinya.

Contohnya : tidak berlebihan untuk tidur; bangun tidur maksimal saat adzan subuh; mengalokasikan waktu untuk mereview pelajaran dan membaca materi keislaman; mengisi waktu dengan hal yang bermanfaat; dsb

8. MUNAZHZHAMUN FI SYUUNIHI (Terarah & teratur dalam urusan/ Well Organized)
Terarah dan teratur dapat membuat seseorang mampu mengorganisir seluruh kegiatannya dengan efektif dan efisien sehingga waktu yang digunakannya pun tidak akan sia-sia.

Contohnya : berusaha tepat waktu dalam segala hal, membuat dan menuliskan rencana aktivitas harian, disiplin dalam segala hal, tidak begadang karena hal yang sia-sia, dsb.

9. QODIRUN ‘ALA KASBI (Mempunyai kemampuan untuk berpenghasilan/ Independent)
Seorang Muslim diupayakan untuk bisa mandiri secara financial dan tidak tergantung kepada orang lain. Sebab seorang muslim itu harus kaya agar bisa membayar zakat, infaq, shadaqah dan naik haji dan umrahm. Pada prinsipnya memanfaatkan hartanya dalam rangkah beribadah pada Allah. 

Contoh dari sifat ini : menjauhi penghasilan yang haram (judi, togel, dsb); memiliki tabungan meskipun sedikit; mengalokasikan hartanya untuk zakat, infak, dan shadaqah; dsb

10. NAAFI’UN LI GHAIRIHI (Bermanfaat bagi sesama/ Giving Contribution)
Kehadirannya memberi manfaat bagi orang lain dan dibutuhkan. “Keberadaannya akan menjadi kebahagiaan bagi orang lain dan ketiadaannya akan menjadi kerinduan bagi yang lain”.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya” (Rasulullah SAW).

Contoh dari sifat ini : menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dgn orang tua dan teman-teman, menunaikan hak muslim (menjawab salam, menjenguk yg sakit, mendoakan saat bersin, dsb), memiliki jiwa pelayanan, membiasakan memberikan penghargaan kepada rekan kerja; dsb.

Mari dari sekarang, dari hal yang kecil dan dari diri sendiri serta dengan azzam yang kuat, ikhtiar yang terus-menerus serta doa yang berkelanjutan, kita mulai memperbaiki akhlaq kita. Menuju karakter muslim ideal semata-mata untuk beribadah kepada Allah. Dan sekali lagi kenapa harus pemuda? Karena pemuda merupakan agen perubahan yang paling besar dari sebuah peradaban.


_____INSYA ALLAH____


Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

24 comments

rukhhuda.blogspot.com/2015/01/god-of-war-chains-of-olympus-usa-game-pc.html

Reply

Silahkan semoga bermanfaat yaak :)

Reply

Wahh, adminnya ini termasuk muslim sejati juga gak ya?

Reply

Waduh, saya belom bisa mengemban ke sepuluh amanah itu mas dalam kehidupan sehari hari, kira2 bisa ga ya saya spt itu? Tergantung niat juga kan? Tapi kadang2 susah mas. Saya moodi orangnya

Reply

Waduh saya masih berusaha berproses menuju situ gan. yah sedikit demi sedikit lama2 jadi gunung kan? hehe

Reply

Satu per satu inshaallah bisa gan. Asalkan niat dan usahanya selaras niscaya bisa menjadi pemuda muslim sejati. Contoh yang paling mudah dan biasa agan lakukan sehari-hari dulu terus baru yang lain

Reply

kalau saja pemimpin-pemimpin kita di DPR semuanya kayak gini...ga bakalan deh ada KPK karna ga bakalan ada korupsi...Ga bakalan ada anggaran masuk kantong atau rekening obesitas dan konco-konconya...Indonesia akan tentrem adem nggak gonjang-ganjing...

salam blogger Kudus, Ziyad al-Khoir

Reply

Wah, keren gan artikelnya. Semoga saja kita semua memiliki karakter-karakter tersebut. aamiin :)

Reply

Wah bener banget tuh gan. Kalo semua elemen pemerintah maupun masyarakatnya punya karakter2 tersebut pasti umat muslim akan kuat dan tidak mudah digoncang oleh bangsa barat

Salam blogger DEMAK gan !

Reply

Aamiin makasih gan kunjunganya :)

Reply

Harus istiqomah nih....

Reply

Semoga ane masuk dalam kategori pemuda muslim sejati ini . . amin . .

Oh yes . . btw kakak dapet award loh dari blog aku . . cek di http://www.azkativity.com/2015/01/dapet-liebster-award-1.html di respond yes . .??

Reply

Wah artikel yang sangat bermanfaat sekali bagi saya sebagai pemuda.. semoga saya mendapatkan 10 karakter pemuda muslim diatas, hehe :D

Jika berkenan silahkan kunjungi blog sederhana ini http://puloblog.blogspot.com
dan jangan lupa untuk follow dan komentar.

Reply

Wih award apaan bang? jadi penasaran ane hehehe..
Oke siap meluncur ke TKP

Reply

Bener banget tuh gan. Ane juga lagi berusaha mencapai hal2 di atas supaya jadi pemuda muslim sejati yang bermanfaat bagi ummat..

Makasih udah mau mampir bang :D

Reply

Waahhhh, sayang sekali ane gak termasuk pemilik karakter itu,
tetapi ane berkeinginan mempnyai karakter pemuda muslim sejati yang seperti agan contohkan.
semoga ane bisa jadi pemuda muslim yang sejati. Amiinn -/\-

Reply

Inshaallah segala niat baik pasti akan dimudahkan oleh Allah SWT...

Reply

ane masih berusaha menjadi muslim sejati gan :)

Reply

Artikelnya Bagus banget ...

Nambah semanga menjadi pemuda muslim sejati, semoga bisa istiqomah ...

Reply

Aamiin Ya Rabb. Kita sama-sama belajar dan saling memperbaiki..
Agar kedepanya bisa menggapai ridhoNya tuk raih surgaNya :D

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back