7 Wisata Alam Terbaik Se-Jawa Timur (Episode 1)

Assalamu'alaykum Wr. Wb.


Hallo sobat travellista – Postingan kali ini saya akan coba jelentrehkan 7 wisata alam terbaik se-Jawa Timur yang sudah pernah saya kunjungi (walaupun belum semuanya sih hehe). Selama saya merantau di Jawa Timur ini, setidaknya sudah 4 wisata alam yang sudah pernah saya sambangi bersama teman-teman tercinta. Saya sangat suka travelling, terutama ke tempat-tempat yang alami dan mengandung unsur sejarah yang kuat. Dengan demikian saya sadar betapa indahnya alam ini, alam yang diciptakan untuk kita nikmati dan pelajari. Alam yang tak bosan-bosanya selalu menunjukkan tanda-tanda kekuasan-Nya.

Nah, mudah-mudahan referensi yang akan saya berikan ini bisa menambah wawasan Anda mengenai wisata alam di Jawa Timur. Dan juga dapat menambah hasrat Anda untuk berwisata alam ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. Berikut adalah 7 wisata alam terbaik se-Jawa Timur versi saya sendiri :

1. GUNUNG BROMO


Siapa sih yang gak kenal bromo? Saya kira hampir semua penduduk jawa tahu tentang gunung yang satu ini. Dengan statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif, gunung bromo menjadi salah satu obyek wisata yang paling terkenal di daerah Jawa Timur. Menurut saya gunung yang berada dalam empat wilayah yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang ini merupakan salah satu gunung yang teramat istimewa. Karena apaaaa? Yap, karena gunung ini adalah satu-satunya gunung yang mudah dicapai di antara gunung-gunung lain se-Jawa Timur. Bagaimana tidak, untuk mencapai puncak gunung bromo Anda tidak perlu bersusah payah mendakinya dengan berjalan kaki. Cukup dengan naik motor saja Anda sudah bisa menikmati indahnya bromo hehe. Bagaimana sobat? Tertarik mencobanya? Situasi seperti ini sangat cocok untuk Anda yang sudah kepengen banget naik gunung tapi gak mau capek wkwkwk. Biasanya sih untuk para kaum hawa yaa.

Kemudian bagaimana asal usul sejarah gunung bromo? Sebelum Rara Anteng dinikahi Joko Seger, banyak pria yang naksir. Maklum, kecantikannya sangat alami sebagaimana Dewi. Di antara pelamarnya, terdapat Kyai Bima, penjahat sakti. Rara Anteng tidak bisa menolak begitu saja lamaran itu. Ia menerimanya dengan syarat, Kyai Bima membuatkan lautan di atas gunung dan selesai dalam waktu semalam.

Kyai Bima menyanggupi persyaratan tersebut dan bekerja keras menggali tanah untuk membuat lautan dengan menggunakan tempurung (batok) yang bekasnya sampai sekarang menjadi Gunung Bathok, dan lautan pasir (segara wedhi) terhampar luas di sekitar puncak Gunung Bromo. Untuk mengairi lautan pasir tersebut, dibuatnya sumur raksasa, yang bekasnya sekarang menjadi kawah Gunung Bromo.


2. PULAU SEMPU


Nah, kalau tempat yang satu ini mungkin Anda belum tahu. Saya juga baru pertama kali menyambanginya. Karena itu saya tahu betul keaslian dan keasrian pulau ini. Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau yang terletak di Malang Selatan tepatnya berada di selatan Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pulau ini tidak berpenduduk dan hanya terdiri dari hutan berbukit yang sebagian besar adalah hutan mangrove. Pulau ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam dari kota Malang melewati pantai Sendang Biru. Dari pantai, kita harus berlayar dengan perahu untuk sampai di Pulau Sempu. Perlu diingat kalau mau berwisata ke Pulau Sempu, Anda harus menyewa pemandu dan membayar biaya perijinan demi keselamatan. Mengingat kita tidak tahu bahaya apa saja yang bisa berakibat fatal.

Salah satu tempat favorit saya di dalam Pulau Sempu adalah SEGARA ANAKAN. Keindahan Segara Anakan dapat anda nikmati dari pagi hingga datang gelap. Di Segara Anakan merupakan tempat yang bagus untuk memancing, Anda bisa memancing ikan laut sebagai lauk pauk. Anda juga bisa snorkling seharian mengelilingi Segara Anakan dengan pesona terumbu karangnya. Anda juga bisa bermain bola ataupun sekedar bejemur tidur-tiduran di pantai pasir putih yang halus dan semilir angin yang penuh kedamaian. Akan tetapi diperlukan perjuangan ekstra keras untuk menuju kesana. Pasalnya medan yang akan dilalui tidak semudah yang kita bayangkan. Ada bebatuan, lumpur, akar pohon yang tajam, dan masih banyak lagi. Tapi saya jamin, ketika Anda sudah sampai maka perjuangan Anda akan terbayar dengan indahnya nuansa Segara Anakan.

Bagaimana sobat travellista, Anda tertarik?

3. SONGA ADVENTURE RAFTING


Tempat yang satu ini merupakan arena yang cocok untuk Anda yang hobi dengan olahraga ekstrim. Songa Adventure adalah salah satu tempat rafting terbaik di Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Condong Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Kenapa terbaik? Karena selain medanya yang menakjubkan, Songa Adventure ini merupakan wisata rafting berlisensi internasional. Keselamatan dari wisatawan sangat diutamakan.

Gimana sih suasananya? Arus deras Sungai Pekalen mengalir deras diantara bebatuan besar membuat suara khas kawasan arung jeram, akan ditemui pemandangan tebing yang indah, suara gemericik air terjun yang tak pernah henti, dan ada juga suara cicit ratusan kelelawar.

“Seru, menyeramkan, mendebarkan dan menyenangkan bercampur jadi satu melebur dalam suasana penuh ketegangan. Melelahkan namun mengasyikan membuat kita tidak merasa jera serta ingin mengulangnya kembali, apa hikmah yang dapat dipetik dari rafting ? adalah dengan kehati-hatian atau kewaspadaan, kerjasama tim, rasa kepercayaan, rasa optimis serta percaya diri yang kuat dibungkus dengan doa maka semua halang rintang dapat dilalui dengan lancar dan selamat sampai tujuan ”, pesan saya.

Untuk paket-paket yang ada, bisa langsung di akses lebih lanjut di sini…



Untuk 4 sisanya akan saya tulis di postingan selanjutnya yaa :D Semoga bermanfaat.


Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

25 comments

lihat sunset di bromo mantab , apalagi banyak turis , itu yang bikin saya senang karena kita punya alam yang begitu indah sampai sampai di kunjungi pelancong asing

Reply

bener banget gan. Tapi kalo saya paling suka yang di sempu. Berasa kaya pulau sendiri wkwk :D

Reply

Tempat wisata yang menarik. Suatu saat aku pasti datang berkunjung.

Reply

Harus gan, saya saja belum puas dan pengen balik lagi kesana haha. Dan masih banyak tempat lain yang tak kalah luar biasa

Reply

jdi pengen ke jatim nih.. deket..

Reply

memang asli mana gan? kapan2 bisa main bareng nih :D hihi

Reply

Saya belum pernah kesitu mas, tapi bapak saya pernah
Saya ngiri berat sama Gunung Bromonya

Reply

Lain kali gan sama keluarga tambah joss gandos haha

Reply

wahhh keren gan :)
jdi pengen kesana

Reply

kalo ke bromo saya pernah om pas touring club byonic dulu hehe

Reply

Iya gan saya baru sekali ke bromo. Pengen kesana lagi rasanya, tapi masih sibuk dengan kuliah dan organisasi.

Reply

Aaaaa mau banget ke jatim! Terutama bromonya itu pasti keren banget

Reply

keren gan, jadi kepingin berwisata nih ke salah satunya.,..

Reply

Meski wong jatim, tapi aku belum kesemuanya. Hm, moga wae bisa ngunjungi salah sijine. Thx sharingnya.

Reply

Saya perantau gan dari luar kota, tapi alhamdulillah sudah kesana semua dan malah ketagihan buat jalan-jalan ke tempat lain hehe

Reply

Wah, mantap nih... Kapan-kapan ulas ya yang di Jawa Tengah... Makasih

Reply

inshaallah gan ditunggu saja tanggal mainya, sering2 mampir aja :D

Reply

Jadi pengen ke songadventure

Reply

cuma ini yg blum prnh, smoga bisa ksana SONGA ADVENTURE RAFTING :)

Reply

Kalo mau ke songa adventure ane saranin mesti bawa dompet yang tebel gan. Biar disana ga kehabisan duit wahaha

Reply

Nice post mas (Y) Warga probolinggo bangga dengan Bromo :D

Reply

Sungguh beruntung warga probolinggo ya punya banyak wisata alam yang indah nan eksotis. Jadi ngiri ane hehe

Reply

Suatu saat pasti maen ke Jatim Dek, keren2 tempatnya .. Di tunggu yg selanjutnya (apalagi ada sejarahnya juga, i likeeee) ^o^

Reply

Heem mbak, ditunggu yaaa kehadiranya :D Pasti gak bakalan nyesel deh kalo udah tau tempat-tempatnya. Dijamin gak bakalan mau pulang ke rumah ._.

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back