Lapis-Lapis Keberkahan di Waktu Subuh


Assalamu'alaykum Wr. Wb.



Sholat Subuh, ahh masih ngantuk nih badan juga masih capek. Tadi malem begadang ngerjain tugas kuliah, terus subuhnya gak bisa bangun. Brrr, masih dingin banget ini, subuhanya nanti aja yaa agak siangan. “ Dan masih banyak lagi alasan yang sebenarnya tidak beralasan untuk meninggalkan sholat subuh.

Waktu subuh adalah waktu dimana pikiran manusia masih murni (fresh). Biasanya ide-ide dahsyat muncul ketika seseorang bangun tidur. Berbedada saat siang, sore, ataupun malam hari, pikiran kita sudah tercampur aduk dengan berbagai hal yang kita lakukan. Seseorang tidak akan bisa meluapkan ide-ide mereka dengan maksimal dibandingkan ketika mereka bangun tidur. Ketika siang hari kita disibukkan dengan berbagai aktivitas seperti kuliah, kerja, dimana pada saat itu otak kita bekerja sangat berat. Menjelang sore, bagi sebagian mahasiswa mungkin, masih harus menghadiri rapat-rapat organisasi. Dan malam harinya kita sudah harus mengerjakan tugas-tugas kuliah yang tidak ada habisnya. Siklus kehidupan tersebut mau tidak mau harus kita jalani.

Suatu ketika di suatu masjid seperti biasa selepas shalat shubuh, seorang pemuda duduk di masjid sambil menunggu matahari terbit. Dia bukan hanya sekedar duduk santai ketika itu, tetapi dia membuka beberapa lembaran Al Qur’an yang telah dihafalnya dan dia mengulang-ulang untuk menguatkan dalam hatinya. Setelah itu, dia tidak lupa berdzikir dengan bacaan dzikir yang telah dituntunkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika pagi. Namun, ada suatu kondisi yang berkebalikan. Di belakang dia terdapat seorang pemuda juga yang sebaya dengannya. Ketika sehabis shalat shubuh dan membaca dzikir setelah shalat, pemuda yang kedua ini malah mengambil tempat di belakang. Sambil bersandar di dinding dan akhirnya perlahan-lahan kepalanya tertunduk kemudian tertidur pulas hingga matahari terbit.

Inilah sebagian kondisi kaum muslimin saat ini. Sehabis shalat shubuh di masjid, sebagian di antara kita ada yang memanfaatkan waktu pagi karena dia mengetahui keutamaan di dalamnya. Ada pula yang tertidur pulas karena telah dipengaruhi rayuan setan dan tidak mampu mengalahkannya.

Nah, oleh karena itu kita harus mengetahui keutamaan-keutamaan yang ada pada waktu subuh. Sebagai mahasiswa, sangat penting untuk mengetahui keutamaan-keutamaan waktu subuh agar lebih produktif dalam setiap aktivitas. Produktivitas sangat menentukan hasil akhir dari aktivitas yang sudah kita lakukan. Jika kita bisa produktif dalam segala aktivitas yang kita jalani, maka inshaallah kesuksesan akan menhampiri kita. Begitu juga sebaliknya, ketika kita tidak produktif maka yang kita dapatkan hanyalah kegagalan semata.

SAUDARAKU, KETAHUILAN KEUTAMAAN WAKTU SUBUH

          1. Waktu subuh adalah waktu yang penuh berkah
Waktu yang berkah adalah waktu yang penuh kebaikan. Waktu pagi telah dido’akan khusus oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai waktu yang berkah.

Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Selepas bangun tidur, ambil air wudhu, kemudian sholat subuh berjamaah di Masjid. Jangan lupa 2 rakaat sebelum sholat subuh karena kata nabi, “Dua rakaat (sebelum) Subuh lebih baik daripada dunia seisinya”. Kemudian jangan langsung tidur, karena disitulah letak keutamaanya. Selepas sholat subuh, lakukan kegiatan-kegiatan ringan yang berpahala besar. Mulai dari tilawah Al-quran, membaca buku, dzikir pagi dan masih banyak lagi. Dengan mengingat Allah di waktu subuh, inshaallah Allah akan memberi kemudahan untuk segala aktivitas kita.

2. Waktu subuh adalah waktu dimana ide-ide cemerlang muncul
Sadar atau tidak. Ada beberapa waktu dimana kita menemukan banyak ide cemerlang. Ide yang saya maksud bukan hanya ide untuk menulis. Tapi sangat banyak ide-ide bermunculan apapun itu. Semua muncul tiba-tiba dan layaknya hujan, bergerombol bawa pasukan nya. Kapan semua ide itu muncul? Ketika bangun tidur tanpa disadari ide-ide tersebut tiba-tiba muncul layaknya sebuah jelangkung. Libatkan Allah dalam setiap doa-doamu di waktu subuh. Allah itu tidak pernah tidur, Dia selalu melihat apa-apa saja yang dilakukan oleh hamba-hamba-Nya. Curhatkan semua isi hati kepada Sang Pencipta. Dan Inshaallah, ide-ide cemerlang itu akan muncul dengan sendirinya

3. Menyehatkan Jantung
Banyak orang tidak tahu apa manfaat dari sholat subuh pada bidang kesehatan khususnya kesehatan jantung. Tapi tahukan Anda manfaat yang besar dari sholat shubuh. Diantaranya mengurangi resiko penyakit jantung. Kebiasaan Rosulullah untuk tidur sejenak menjelang sholat shubuh dan juga dhuhur (sebelum atau sesudah) ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan  jantung dan metabolisme tubuh, karena pada jam-jam tersebut , terjadi kenaikan ketegangan syaraf simpatis.

******

Saudaraku semuanya!

Dengan mengetahui keutamaan-keutamaan di waktu subuh, diharapkan hidup kita bisa menjadi lebih produktif. Potensi-potensi yang ada pada diri kita bisa tergali secara maksimal sehingga kita semua bisa menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif. Penulis juga berharap agar diri ini bisa lebih dekat dengan Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya ketika hati ini merasa dekat dengan-Nya, maka dari situ kita mendapatkan kebahagiaan yang hakiki.


Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

3 comments

Sama-sama. Suwun sudah mau mampir dan meniggalkan jejak :D

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back