Mahasiswa Sejati

Assalamu'alaykum Wr. Wb.



Banyak dari kita tidak mengetahui apa itu makna Mahasiswa, bagaimana menjadi Mahasiswa sejati, dan untuk apa kita menjadi Mahasiswa. Banyak orang mendambakan universitas-universitas yang bagus dan terkenal, padahal mereka mungkin tidak tahu apa yang sebenarnya mereka cari. Mereka hanya terpengaruh dengan omongan orang dan seringkali tidak mengikuti kemauanya sendiri. Padahal tujuan utama kita kuliah atau menjadi Mahasiswa adalah mencari ilmu guna membentuk jati diri, bagaimana mereka belajar tentang ilmu kehidupan dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kita harus menjadi Mahasiswa Sejati.


Okee...

Sebelum membahas lebih jauh tentang makna Mahasiswa Sejati, kita harus bisa membedakan peran antara Siswa dan Mahasiswa.


Perbadaan antara Siswa dan Mahasiswa

1. Siswa adalah peserta didik yang melanjutkan studi di SMP/SMA/SMK, sedangkan Mahasiswa adalah peserta didik yang melanjutkan studi di perguruan tinggi.

2. Mahasiswa adalah bentuk metamorfosis dari siswa, dimana kita lebih dituntut untuk menjadi mandiri, tidak egois, dan kreatif.

3. Maha = tinggi. Siswa = pelajar. Jadi mahasiswa adalah pelajar yang berdedikasi tinggi dan mampu mengarahkan dirinya sendiri dalam menuntut ilmu.

4. Seorang mahasiswa biasanya sudah memiliki pemikiran untuk lima tahun ke depan, sedangkan seorang siswa biasanya hanya memiliki pemikiran untuk lima hari ke depan. Dengan kata lain, mahasiswa sudah memiliki tujuan hidup yang jelas, cara pandang yang luas, dan bijaksana.

5. Mahasiswa memiliki tanggung jawabyang besar; tidak hanya kepada orang tua dan keluarganya, tetapi juga kepada masyarakat.

6. Mahasiswa harus mampu bersosialisasi dengan masyarakat, harus mampu terjun dalam masyarakat, dan memiliki keahlian. Selain itu mahasiswa juga harus dapat membawa aspirasi masyarakat sehingga bisamenjadi nilai plus bagi mahasiswa.

7. Seorang siswa biasanya hanya dituntut untuk “tahu”. Namun, seorang mahasiswa dituntut tidak hanya untuk tahu saja, tetapi juga bertindak; baik modal bersikap maupun logika dalam bertindak.

8. Mahasiswa adalah kelanjutan dari diri kita untuk berkembang. Tidak hanya dalam segi akademik, namun juga dalam kedewasaan diri kita, pola pikir kita, dan kemampuan kita untuk menyesuaikan diri menghadapi dunia yang terus berkembang.


9. Mahasiswa merupakan insan yang memiliki kebebasan dalam menuntut dan mengkaji ilmu sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam lingkungan akademik.


10. Mahasiswa adalah kesempatan untuk menetapkan jati diri kita sehingga kita menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, dan komunikatif dalam memecahkan persoalan kehidupan.

Jadi menurut pendapat saya Mahasiswa adalah orang-orang yang belajar atau menuntut ilmu di perguruan tinggi atau universitas atau juga sekolah tinggi lainnya. Mahasiswa memiliki kedudukan paling tinggi di masyarakat. Oleh karena itu peran dan fungsi mahasiswa sangat di perlukan oleh masyarakat. Dengan peran dan fungsi tersebut sudah seharusnya mahasiswa berpikir bukan untuk dirinya sendiri tapi juga untuk orang di sekitarnya.

Peran dan fungsi mahasiswa terdiri sebagai berikut :

1. Agen of change atau berperan sebagai agen perubahan

Mahasiswa sebagai agen of change. Mungkin kata-kata agen sering identik dengan penyalur atau perantara atau sales sedangkan change adalah perubahan yang lebih baik lagi. Jadi mahasiswa sebagai agen of change menurut pendapat saya adalah mahasiswa sebagai perantara perubahan yang lebih baik lagi dari masyarakat. Mahasiswa mendapat kesempatan lebih untuk mengengeluarkan pendapatnya kepada pemerintah. Dengan adanya mahasiswa aspirasi masyarakat tentang kebijakan pemerintah bisa di sampaikan dengan baik oleh mahasiswa. Kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah tentang perubahan undang-undang atau yang lainnya dapat di protes oleh mahasiswa dengan kreasi nya dalam menyuarakan pendapatnya.

2. Social control atau berperan sebagai kontrol sosial

Masyarakat merupakan sekumpulan orang yang berbeda sifat, ras, suku, agama, tingkah laku, dan lain sebagainya. Dengan perbedaan-perbedaan tersebut konflik atau pertikaian bisa saja terjadi di antara mereka. Misalnya perbedaan agama bisa menjadi konflik yang seriusjika tidak ada toleransi antar masyarakat tersebut. Dengan demikian peran mahasiswa sangat dibutuhkan untuk menjadi kontrol atau penengah di dalam masyarakat. Mahasiswa yang baik bisa menjadi mengontrol masyarakat yang ada di sekitar nya sehingga konfilk yang terjadi bisa di atasi dengan baik.

3. Iron stock atau berperan sebagai penerus

Apakah yang dimaksud dengan iron stock ???. yang dimaksud dengan iron stock yang pasti bukan iron man yaa.. hehe. Iron artinya besi atau seterika atau kuat dan keras sedangkan yang di maksud dengan stock adalah persediaan. Jadi mahasiswa sebagai iron stock yaitu Mahasiswa menjadi persedian yang kuat dan menjadi penerus harapan bagi bangsa. Mahasiswa yang mempunyai intelegensi dan akhlak yang baik dapat menjadi penerus bagi generasi yang sebelumnya. Sebagai pemuda mahasiswa harus memanfaatkan kondisi ini dengan baik. Dengan cara belajar dengan rajin dan baik agar suatu saat nanti menjadi pemimpin bagi bangsa dan negara ini.

Hiiduuup Mahaaasiswaaa !!!

4 comments

Nice share gan

cek gan www.find4something.blogspot.com

Reply

suwun gan, oke langsung ke TKP...

Reply

Bagus gan, keren juga artikelnya
Saya masih SMA jadi masih lama untuk menjadi 'maha'siswa wkwk
Terimakasih gan, bermanfaat artikelnya

Reply

Ya walaupun masih SMA harus sudah mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi mahasiswa sejati guna membangun negeri ini

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back